Komputer Kecil


 KOMPUTER KECIL


Dunia teknologi kini berduka. Desainer komputer jinjing asal Inggris, Bill Moggridge meninggal di usia 69 tahun. Pria tersebut meninggal akibat penyakit kanker yang telah cukup lama diidapnya.

Moggridge sendiri dikenal sebagai orang yang pertama kali mendesain bentuk clamshell atau komputer lipat. Komputer lipat yang pertama kali dibuatnya adalah GRiD Compass yang didesain pada tahun 1979 dan terkenal karena komputer ini dipakai dalam pesawat ulang alik Discovery pada tahun 1985.
Komputer tersebut memiliki layar flat, casing clamshell serta keyboard yang banyak digunakan oleh laptop-laptop zaman sekarang. Pada saat itu, laptop ini sangat canggih dan dijual dengan harga yang sangat mahal, yakni 5000 poundsterling atau sekitar 75 juta rupiah.

Desain komputer etersebut pun bermula karena pemerintah Amerika Serikat menginginkan sebuah komputer yang muat dalam koper. Dan, komputer dari Moggridge ini pun telah digunakan oleh militer Amerika dalam invasi ke Granada pada tahun 1983 dan misi luar negeri NASA.
Bill Moggridge sendiri merupakan seorang teknisi komputer yang telah melintang di beberapa perusahaan teknologi besar dunia. Pria ini pernah bekerja untuk Apple, Microsoft dan beberapa perusahaan besar lain. Dan, menjelang kematiannya, Moggridge merupakan Direktur di Museum Smithsonian Cooper-Hewitt National Design di New York.

Categories:

Leave a Reply